Selasa, 08 Mei 2012

PENGERTIAN NUTRISI DAN PENGELOMPOKAN ORGANISME

0 komentar
          Dalam arti yang sempit nutrisi hanya diartikan sebagai substansi makanan yang dibutuhkan oleh suatu organisme, namun dalam arti yang luas nutrisi merupakan rangkaian proses dimana suatu organisme memasukan makanan kedalam tubuhnya, dicerna kemudian makanan tersebut diubah menjadi sel jaringan baru dan energi yang sangat penting bagi bermacam-macam kegiatan tubuh. Secara singkat proses tersebut meliputi : (1) cara memasukan makanan, (2) pencernaan makanan, (3) asimilasi. Pada hakekatnya semua kehidupan dibumi ini sangat tergantung pada kemampuan tumbuh-tumbuhan untuk mensintesis zat organik dari zat anorganik yang banyak terdapat di tanah dan atmosfir.
            Reaksi kimia dimana tumbuh-tumbuhan hijau dapat mengubah zat anorganik menjadi zat organik dikenal dengan istilah fotosintesis. Berikut dibawah ini reaksi fotosintesis :

Pengelompokan Organisme

                Secara bebas organisme dikelompokan menjadi autotrof, heterotrof dan saprozoik. Organisme autotrof merupakan organisme yang mampu mensintesis senyawa organik esensial dari mineral anorganik. Yang termasuk kelompok ini adalah tumbuhan yang mempunyai klorofil. Organisme ini mampu mengubah enrgi yang terkandung dalam sinar matahari menjadi energi kimia dalam proses fotosintesi. Yang termasuk kelompok ini adalah bakteri sulfur berwarna, algae (biru-hijau, merah, coklat, hijau) dan tumbuhan hijau. Warna yang ditimbulkan pada organisme ini disebabkan karena adanya pigmen khusus yaitu klorofil yang mempunyai peranan mengikat cahaya
                  Khemotrof, Organisme yang tergolong kelompok ini, energinya tidak diperoleh dari cahaya tetapi dari oksidasi beberapa persenyawaan anorganik. Energi itu kemudian digunakan untuk membentuk substansi organik. Energi dapat timbul misalnya pada proses oksidasi H2S dan NH3. Prosesnya dapat dilihat dibawah :


2H2S + O2---------->2H2O + 2S+energi
2NH3 + 3O2--------->2H2O + 2NHO2+ energi


Khemotrof tidak begitu banyak dijumpai dan juga karena belum diketahui secara rinci.
                Heterotrof merupakan organisme yang membutuhkan senyawa organik sebagai makanan tetapi mempunyai kemampuan terbatas dalam mensintesis senyawa organik. Hampir semua hewan adalah heterotrof dan energi yang diperlukan dalam proses kehidupan diperoleh dengan cara menelan hewan maupun tumbuhan dan memecah senyawa organik yang kompleks dengan hidrolisis.
                Saprozoik merupakan kelompok kecil hewan (hewan parasit) yang mampu menghisap senyawa organik yang kompleks melalui permukaan tubuh.
                Ada kelompok hewan lain yang posisinya antara murni autotrof dan murni heterotrof, kelompok ini disebut mesotrof. Mesotrof mampu mensintesis kebanyakan senyawa organik yang dibutuhkan teta[i masih membutuhkan vitamin dan zat organik tertentu dalam makanannya.


contoh organisme autotrof:
                                                                      tumbuhan hijau


                                                                          algae hijau


                                                                  bakteri sulfur berwarna


contoh organisme heterotrof:
                                                                          hewan (singa)




contoh organisme khemotrof:
                                                                              bakteri H2S


contoh organisme saprozoik :
                                                                         jamur 


contoh organisme mesotrof :

0 komentar:

Poskan Komentar