Jumat, 13 April 2012

LAPORAN PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS-JENIS KLONING

0 komentar


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bioteknologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup baik itu bakteri, fungi, virus, dan lain-lain maupun produk dari makhluk hidup enzim, alkohol dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Pada zaman sekarang ini perkembangan Bioteknologi tidak hanya semata – mata pada bidang ilmu biologi saja melainkan juga perkembangan pada bidang – bidang ilmu murni dan terapan lain seperti biokimia, computer, genetika, biologi molekuler, maupun mikrobiologi. Penerapan bioteknologi dalam kehidupan sudah banyak dilakukan oleh para ahli. Beberapa penerapan dalam bidang teknologi yang sudah banyak dilakukan misalnya bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti, maupun keju, pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidang medis, penerapan bioteknologi pada masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin.
Pada zaman sekarang, di Negara – Negara maju dan berkembang bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam teknologi seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain. Teknologi ini memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan. Selain itu Hal – hal yang mendorong perkembangan bioteknologi ini adalah untuk meningkatkan mutu baik itu dalam bidang pangan, medis, maupun bidang kehidupan lainnya. Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organisme tersebut. Salah satu penerapan bidang bioteknologi yang sering dibicarakan orang yaitu Kloning. Dimana dengan dilakukannya kloning ini maka akan bermanfaat bagi kehidupan manusia baik itu dalam bidang pengobatan maupun yang lainnya.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas adapun rumusan masalah yang bisa penulis angkat yaitu:
1. Bagaimana sejarah dan definisi kloning?
2. Apa saja jenis – jenis kloning?
3. Apa saja manfaat dilakukannya kloning ?
4. Bagaimana tinjauan bioetika kloning?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu:
1. Untuk mengetahui sejarah dan definisi kloning
2. Untuk mengetahui jenis – jenis kloning
3. Untuk mengetahui manfaat dilakukannya kloning
4. Untuk mengetahui tinjauan bioetika kloning

1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan makalah ini yaitu:
1. Bagi pembaca
Dengan adanya makalah mengenai kloning ini pembaca bisa mengetahui dan memperoleh pengetahuan mengenai kloning tersebut dan mengetahui manfaat dari dilakukannya kloning tersebut dan dengan dibacanya makalah ini bisa memberikan manfaat yang positif bagi pembaca.
2. Bagi penulis
Dengan dibuatnya makalah ini penulis bisa mengasah kemampuan dalam bidang menulis dan bisa mengasah kemampuan dalam menulis.

DST....

DOWNLOAD

0 komentar:

Poskan Komentar