Jumat, 30 Maret 2012

SISTEM GERAK PADA MANUSIA

0 komentar
semua mahluk hidup dapat bergerak, tapi apakah yang menyebabkan pergerakan tersebut, tiada lain ialah tulang. disini kita akan mengenal berbagai jenis tulang Tulang belikat


"Scapula" adalah nama teknis untuk tulang belikat. Ini merupakan tulang yang datar segitiga yang terletak di belakang tulang rusuk bagian atas. Permukaan bagian belakang dapat dirasakan di bawah kulit. Ini berfungsi sebagai tempat untuk beberapa otot dan tendon pada lengan, leher, dada dan punggung dan membantu dalam pergerakan lengan dan bahu. Permukaan belakang tulang belikat masing2 dibagi menjadi bagian yang tidak sama dengan "tulang belakang." Tulang belakang ini menyebabkan "kepala", yang menyandang dua proses - yang "proses akromion " yang membentuk ujung bahu dan "proses coracoid" yang melengkung ke depan dan bawah klavikula (tulang selangka). Proses akromion bergabung klavikula dan menyediakan lampiran untuk otot-otot lengan dan otot dada. Akromion adalah tonjolan tulang di bagian atas tulang belikat. Di kepala skapula, antara proses yang disebutkan di atas, adalah depresi yang disebut "rongga glenoid." Ia bergabung dengan kepala tulang lengan atas (humerus).

tulang punggung, vertebra



Tulang belakang adalah tulang yang membentang dari dasar tengkorak ke panggul. Membungkus dan melindungi saraf tulang belakang dan mendukung batang tubuh dan kepala. Tulang belakang terdiri dari sekitar tiga puluh tiga tulang yang disebut "vertebra." Setiap pasang tulang dihubungkan oleh sendi yang menstabilkan tulang punggung dan memungkinkan untuk bergerak. Antara setiap pasangan vertebra berbentuk cakram tulang rawan fibrosa dengan inti seperti jelly yang disebut "intervertebralis disk" - atau biasanya hanya "disk". Disk ini bantalan tulang belakang selama gerakan. Tulang belakang membungkus seluruh saraf dan melindungi saraf tulang belakang, yang merupakan kolom dari saluran saraf berjalan dari setiap area tubuh ke otak. Tulang belakang diikat bersama oleh dua ligamen tebal yang menjalankan seluruh tulang belakang dan oleh ligamen yang lebih kecil antara setiap pasangan vertebra. Ligamentum longitudinal anterior terdiri dari yang kuat, serat padat, terletak di dalam tubuh vertebra. Mereka menjangkau hampir seluruh panjang tulang belakang, dimulai dengan tulang belakang kedua (atau "poros"), dan memanjang sampai sakrum. Ligamen lebih tebal di tengah (atau "dada" wilayah). Beberapa serat pendek dipisahkan dengan melingkar, yang memungkinkan untuk berlalunya pembuluh darah. Beberapa kelompok otot juga melekat pada tulang belakang, dan gerakan kontrol ini tulang belakang serta untuk mendukungnya.

Ligamen pada Sacrum



Sakrum, di dasar tulang punggung, yang terjepit di antara tulang coxal panggul dan bersatu kepada mereka oleh fibrocartilage di "sendi sacroiliac." Berat tubuh ditransmisikan ke kaki melalui korset panggul pada sendi ini. Para fibrocartilage di depan sakrum, yang bergabung ke ilium disebut "ligamen anterior sacroiliac"; di belakang, hal itu disebut "ligamen sacroiliac posterior." Tulang ekor, atau tulang ekor, terpasang oleh ligamen pada margin dari hiatus sakral (membuka di ujung sakrum). Ligamen ini disebut "anterior" dan "ligamen sacrococcygeal posterior." The "ligamen sacrospinous" adalah lembaran tipis, segitiga dipasang dasar yang luas untuk margin lateral sakrum dan tulang ekor, di mana serat perusahaan bercampur dengan orang-orang dari permukaan intrapelvic dari "ligamen sacrotuberous," dan puncaknya ke tulang belakang dari iskium. Ligamentum sacrotuberous adalah berbentuk kipas, luas datar kompleks dari serat yang membentang dari tulang punggung bagian bawah ilium, tuberkel transversal 4 dan 5 dan bagian ekor dari margin lateral sakrum dan tulang ekor ke margin dalam dari tuberositas dari iskium. The "ligamen iliolumbar" menghubungkan proses vertebra lumbal bawah ke ilium (bagian terbesar dari tulang coxal).

tulang Kaki pendek Dan Ligamen pergelangan kaki




Fibula adalah tulang panjang, ramping di samping tibia. Ujung-ujungnya yang sedikit diperbesar menjadi "kepala" atas dan bawah "maleolus lateral." Kepala memenuhi fibula tepat di bawah kondilus lateralis, tetapi itu tidak masuk ke dalam sendi lutut dan tidak menanggung segala berat badan. Ligamen yang bergabung fibula ke depan fibula disebut "ligamen anterior tibiofibular," dan "ligamen posterior tibiofibular" bergabung dengan mereka di belakang lutut. Maleolus lateral bergabung ke pergelangan kaki oleh "ligamen anterior talofibular," dan "ligamen talofibular posterior." Ligamen ini membentuk keunggulan di sisi pergelangan kaki.

Kapsul Artikular


"Kapsul Artikular" mengelilingi sendi antara tulang rawan dari tulang rusuk sejati dan sternum (tulang dada). Mereka sangat tipis dan dicampur dengan erat ligamen memancarkan sternocostal, dan diperkuat di bagian atas dan bawah dari artikulasi dengan beberapa serat yang menghubungkan kartilago ke sisi sternum.

Tulang dada


"tulang dada" adalah nama medis untuk tulang panjang, sempit, pelat datar yang membentuk bagian tengah depan dada. Ini berkembang dalam tiga bagian: bagian atas, atau "manubrium," "tubuh," tengah dan "proses xifoideus" rendah bahwa proyek-proyek bawah. Proses xifoideus dimulai sebagai bagian dari tulang rawan. Perlahan-lahan mengeras menjadi tulang sampai dengan usia pertengahan, biasanya menyatu ke badan sternum. Sisi manubrium dan tubuh adalah berlekuk mana mereka bersatu dengan kartilago kosta. Hal ini juga bergabung klavikula (tulang belikat) di perbatasan atasnya. Biasanya tetap menjadi tulang terpisah sampai usia pertengahan atau lambat, ketika sekering ke tubuh sternum. Sternum sangat kuat dan membutuhkan kekuatan besar terhadap fraktur. Bahaya utama dalam jenis cedera bukan patah tulang itu sendiri, tetapi kesempatan bahwa patah tulang dapat didorong ke jantung, yang terletak tepat di belakangnya.

Tulang Tarsal



Kaki terdiri dari pergelangan kaki, punggung kaki, dan lima jari kaki. Pergelangan kaki terdiri dari tujuh "tulang tarsal," membentuk kelompok yang disebut tarsus. Tulang-tulang ini diatur sedemikian rupa sehingga salah satu dari mereka, "talus," dapat bergerak bebas di mana ia bergabung dengan tibia dan fibula (tulang kaki bagian bawah). Hal ini dikenal sebagai "kepala talus." Tulang-tulang tarsal yang tersisa terikat tegas bersama-sama, membentuk massa yang sisanya talus. Tulang-tulang lain yang menyusun tarsus adalah "kalkaneus," yang terbesar dari tulang pergelangan kaki, yang "talus;" yang "navicular," yang "berbentuk kubus," yang "runcing lateral," yang "runcing menengah," dan " medial runcing. " The "kalkaneus," atau tulang tumit, terletak di bawah lereng di mana ia memproyeksikan ke belakang untuk membentuk dasar tumit. Ini membantu untuk mendukung berat tubuh dan memberikan lampiran untuk otot yang menggerakkan kaki.

Tulang Carpal


Kerangka pergelangan tangan terdiri dari delapan kecil "tulang-tulang karpal" yang tegas terikat dalam dua baris dari empat kartu. Massa yang dihasilkan adalah "tulang pergelangan tangan." Delapan tulang adalah "berbentuk kacang," "segitiga" atau "triquetrum," yang "berbentuk kacang", "bulan sabit", dan "skafoid" di ujung atas dari pergelangan tangan, di mana ia menghubungkan dengan ligamen dan tulang lengan bawah, dan yang "bengkok", "berbentuk kepala," "trapesium," dan "trapesium" di sisi bawah tangan oleh "metacarpals," atau pertama bersama dari jari.

Kondilus humerus

Pada ujung bawah humerus (tulang lengan atas) dan tulang paha, ada dua kondilus halus (proses bulat tulang): tombol-seperti "kapitulum" di sisi lateral dan katrol berbentuk "troklea" dalam tengah. Kapitulum yang bergabung dengan radius (tulang lengan yang lebih kecil yang lebih rendah) di siku, dan troklea adalah kedudukan yang bergabung ligamen kepada kepala ulna (tulang lengan yang lebih besar lebih rendah). Di atas kondilus di kedua sisinya adalah "epicondyles," yang memberikan lampiran untuk otot-otot dan ligamen siku. Yang menuju pusat lengan adalah "epikondilus medialis," dan yang ke samping adalah "epikondilus lateral."

Tulang selangka


Klavikula adalah tulang selangka. Ada dua tulang-tulang, masing-masing al melengkung agak seperti "f", yang bergabung bagian atas tulang dada (sternum) ke tulang belikat (scapula). Klavikula mendukung lengan dan mengirimkan kekuatan dari lengan ke dalam kerangka pusat.

Tulang ekor


Tulang ekor (atau ekor) adalah bagian terendah dari kolom tulang belakang dan melekat oleh ligamen pada margin dari hiatus sakral. Ketika seseorang duduk, tekanan yang diberikan pada tulang ekor, dan bergerak maju, bertindak semacam seperti shock absorber. Duduk terlalu besar dengan kekuatan yang dapat menyebabkan tulang ekor yang akan patah atau dislokasi.

Ligamen



Ligamentum adalah sebuah tulang yang keras putih, jaringan berserat, sedikit elastis. Ini adalah bagian penting dari sendi tulang; mengikat ujung tulang bersama-sama untuk mencegah dislokasi dan gerakan yang berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan. Ligamen juga mendukung organ internal banyak, termasuk rahim, kandung kemih, hati, dan diafragma dan membantu dalam membentuk dan menyangga payudara. Ligamen, terutama di sendi pergelangan kaki dan lutut, kadang-kadang rusak oleh cedera. Sebuah ligamen "robek" biasanya hasil dari memutar yang keras ketika lutut dihidupkan sementara berat badan pada kaki tertentu. Keseleo kecil diperlakukan dengan es, perban dan kadang-kadang terapi fisik, tetapi jika ligamen yang robek, sendi mungkin ditempatkan dalam gips untuk memberikan waktu untuk menyembuhkan atau mungkin memerlukan perbaikan bedah.

Deltoid Ligamen

Ligamentum deltoid adalah struktur ligamen yang berbentuk segitiga dan menempel pada maleolus medial tibia ke tulang navicular, kalkaneus, dan talus (anterior dan posterior) dari tarsus itu.

Falang

Falang adalah tulang kecil yang membentuk kerangka jari, ibu jari dan jari kaki. Setiap jari dan jari kaki yang lebih kecil memiliki tiga falang, ibu jari dan jempol kaki masing-masing memiliki dua. Ruas terdekat tubuh dari tangan atau kaki adalah sebut "proksimal" ruas, yang satu di akhir setiap digit adalah "distal" ruas, dan, tentu saja, ketika ada tiga, yang di tengah disebut " tengah "ruas.

Tulang paha



"femur" adalah tulang paha, tulang terpanjang dalam tubuh. Ujung bawah bergabung tibia (tulang kering) untuk membentuk sendi lutut. Ujung atas dibulatkan menjadi bola (atau "kepala" femur) yang cocok ke soket di panggul untuk membentuk sendi panggul. Tepat di bawah kepala adalah penyempitan, atau leher, dan dua proses besar - ". Trokanter kurang" sebuah, atas lateral "yang lebih besar trokanter" dan, lebih rendah medial Proses ini memberikan lampiran untuk otot-otot kaki dan bokong. Kondilus femoralis yang besar, benjolan bulat di ujung distal femur. Mereka mengartikulasikan (bersentuhan) dengan kondilus dari bagian tibia dan bentuk sendi lutut. Leher femur memberikan sendi panggul berbagai gerakan, tetapi merupakan titik kelemahan dan situs umum fraktur.

0 komentar:

Poskan Komentar