Rabu, 07 Maret 2012

PENGERTIAN SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK

0 komentar

Hidup adalah baik indah dan megah. Namun untuk semua keagungan, semua organisme tersusun dari unit dasar kehidupan, sel. Sel merupakan unit paling sederhana dari materi yang masih hidup. Dari bakteri uniseluler untuk hewan multiseluler, sel adalah salah satu prinsip dasar organisasi biologi. Mari kita lihat beberapa komponen dari organiser dasar dari organisme hidup.

SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK


Ada dua jenis utama dari sel: sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel eukariotik disebut begitu karena mereka memiliki inti sejati. Inti, yang merupakan tempat DNA, yang terkandung dalam membran dan dipisahkan dari struktur selular lain. Sel prokariotik tidak memiliki nukleus namun benar. DNA dalam sebuah sel prokariotik tidak dipisahkan dari sisa sel, tetapi melingkar di wilayah yang disebut nucleoid tersebut.

Seperti diatur dalam Sistem Domain Tiga, prokariota termasuk archaeans dan bakteri. Eukariota termasuk hewan, tumbuhan, jamur dan protista. Biasanya, sel eukaryoitc lebih kompleks dan jauh lebih besar dari sel-sel prokariotik. Rata-rata, sel prokariotik adalah sekitar 10 kali lebih kecil dari diameter sel eukariotik.

Eukariota tumbuh dan berkembang biak melalui proses yang disebut mitosis. Dalam organisme yang juga bereproduksi secara seksual, sel-sel reproduksi yang diproduksi oleh suatu jenis pembelahan sel yang disebut meiosis. Kebanyakan sel prokariot mereproduksi melalui proses yang disebut pembelahan biner. Selama pembelahan biner, molekul DNA tunggal ulangan dan sel asli dibagi menjadi dua sel anak yang identik.

Kedua organisme eukariotik dan prokariotik mendapatkan energi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan mempertahankan fungsi sel normal melalui respirasi selular. Respirasi selular memiliki tiga tahap utama: glikolisis, siklus asam sitrat, dan transpor elektron. Pada eukariota, reaksi respirasi seluler yang paling terjadi dalam mitokondria. Dalam prokariota, mereka terjadi dalam sitoplasma dan / atau dalam membran sel.

0 komentar:

Poskan Komentar